Friday 4 May 2012

Bingka Labu



Kebetulan sekali ada labu di kulkas. Kak CT baru saja posting resep Bingka Labu Berjagung. Hwaaaa...langsung ngilerlah aku. Tanpa ba bi bu...langsung siapkan bahan dan segera aku bikin. Tapi karena nggak ada jagung krim aku pakai labu saja seperti di resep aslinya dari Dapur Tanpa Sempadan.

Hasilnya, enaaaak sekali. Lembut dan gurih khas labu. Kue jenis ini adalah favoritku. Cuman atasnya kurang cokelat aja. Tapi sudah matang kok, harusnya tadi aku grill dulu atasnya sebentar biar cantik. 

Buat Kak CT dan Mat Gebu, terima kasih banyak sudah berbagi ilmu dan resepnya. Aku izin catat resepnya yaa..

Bahan :
- 450 gr labu manis, kukus hingga lembut dan haluskan
- 500 ml santan
- 5 butir telur 
- 200 gr tepung terigu protein sedang
- 180 gr gula halus
- 1/2 sdt vanila bubuk
- 1/2 sdt garam
- wijen secukupnya untuk taburan

Cara membuat : 
  1. Panaskan oven pada suhu 200 C, olesi loyang 20 cm (aku pakai 1 loyang brownies ditambah 2 loyang kue bingka mini) dengan mentega, alas dengan aluminium foil yang ukurannya lebih besar di bagian sisi panjangnya supaya mudah mengeluarkannya.
  2. Dalam wadah, satukan semua bahan di atas kecuali labu, wijen dan vanila. Aduk rata dengan whisk hingga gula larut. Masukkan labu halus dan vanila, aduk rata.
  3. Tuang dalam loyang dan taburkan wijen. Bakar selama 45 - 50 menit hingga permukaan kelihatan sedikit kecoklatan. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan sejenak. Kemudian keluarkan dari loyang. Dinginkan sebelum dipotong agar hasilnya rapi.

2 comments:

Hera said...

Ass. Sdh lama mau buat bingka ini ngiler liat penampilannya, tp lama cari alminium foil soalnya di tempat sy tdk ada yg jual. Akhirnya jadi tapi gulanya sy tambah jadi 190 gr pas manisnya menurut saya dan pakai santan kental semua, rasanya enak dan lembut. Makasih untuk resep labunya lagi...

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, terimakasih jg mbak dah nyobain resepnya ^^

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...