Kamis, 11 Juli 2013

Bubur Gunting (Kalimantan)



Bubur gunting???  namanya yang unik diambil dari cara pembuatannya. Adonannya dibuat dengan cara digunting-gunting menjadi seperti korek api. Berasal dari Kalimantan namun aku lihat populer juga di negeri tetangga Malaysia. Sudah lama mencari resepnya tapi yang ketemu bubur gunting  berbahan tepung terigu atau tepung ketan. Sedangkan menurut Mbak Kamelia Marfuah "Cozy Kitchen" aslinya dari tepung sagu. Aku search di google nggak ada cara membuatnya menggunakan  tepung sagu. Akhirnya aku inisiatif sendiri bikin dengan nyontek resep bubble ice yang pernah aku bikin sebelumnya. Bedanya kali ini adonannya tidak aku bulat bulatkan tapi aku giling pipih kemudian digunting gunting atau dipotong panjang. 

Hasilnya?? enak menurutku. Seperti kolak biasa cuman biji biji buburnya dikunyahnya kenyal kenyal. Unik juga...aku nggak tau apakah ini sudah seperti bubur gunting asli karena belum pernah mencoba sebelumnya. Awalnya aku ragu. Penampakannya agak beda warnanya dengan punya Mbak Kamelia. Punyaku nggak bening. Ternyata setelah beberapa jam terendam dalam kuahnya, warnanya berangsur angsur berubah jadi transparan. Udah miriplah dengan aslinya. Cuma setelah beberapa jam kuahnya jadi kental dan buburnya jadi besar besar karena menyerap kuah. Hihi lucu juga...tapi pokoknya sudah lumayanlah untuk percobaan perdana ^^



Timphan...lagi...



Timphan lagi....jangan bosan yaaaaaa. Ini asli enak. Aku dah coba 3 macam timphan. Labu, ubi ungu dan pisang. Ternyata yang jadi juara adalah timphan pisang. Nggak bisa dijelasin, harus coba sendiri baru tau maksudku. Karena enaknya itulah aku bolak balik bikin dengan beberapa variasi. Daftar berikutnya timphan durian. Next time aja kalau musim durian....sabaaar yaaaa

Resepnya kulit timphannya aku dapat dari Mbak Yeni NCC. Silahkan lihat di sana biar lebih jelas ya. Isinya sisa sarikaya dari timphan ubi ungu kemarin. Yang pakai nangka enak dan wangi.

Sambal Goreng Daging



Kapan hari anak anak ikut kami ke acara pindahan rumah seorang teman. ketika menikmati hidangan, kakak Iyut nyeletuk "bu aku suka sekali ini, nanti bikinkan ya" sambil nunjuk ke menu sambel goreng dagingnya. Iya nak, nanti ibu bikinkan kataku. Resep ini sebenarnya simpel dan mamakupun dulu sering membuatnya. Lha tapi kenapa aku nggak pernah buat ya??

Selasa, 09 Juli 2013

Cake Marmer Ubi Ungu





Aku udah stok 2 kg ubi ungu di freezer buat dibikin macam macam untuk takjil buka puasa. Aku kukus, dihaluskan dan di simpan dalam kemasan plastik per 200gr. Kalau butuh tinggal nyomot satu atau dua bungkus. Kemarin kan dah bikin timphan...hari ini aku bikin marmer ubi ungu. Aku cari resep marmer cake yang moist ketemu  resepnya "Foodelicious heaven". Kelihatannya memang lembut dan moist jadi aku bikin.pasta cokelatnya aku ganti dengan ubi ungu yang diblender bersama sedikit santan. Hasilnya??? enak, crumbnya halus dan lembut. Wangi ubi ungunya lamat-lamat saja karena penggunaannya yang tidak terlalu banyak. Tapi over all...puasss!!

Timphan Ubi Ungu




Masih ingat labu yang aku buat dulu? nah karena aku suka hari ini aku bikin versi ubi ungunya. Rasanya sama enaknya dan sama wanginya. Bentuknya dah aku perbaiki. Dulu bikinnya langsing banget. Sekarang agak agak langsung deh, hehe ^^

Resep silahkan lihat di sini ya. Cuma labu diganti sama ubi ungu.

Mangut Ikan Gabus



Nikmatnyaaaaaaa...kayaknya ini masakan Jawa berbahan ikan favoritku deh. Makasih buat mbak Ine "Elkaje" tuk resep maknyusnya. Hubby sampai nambah-nambah...makan sambil bergumam berulang berulang "enak sekali bu masakannya". Kasihan banget ya suamiku. Selama ini aku sering buatkan dia masakan Jawa tapi baru kali ini aku buatkan mangut ikan. Padahal dia Jawa asli dan mestinya dulu sering makan masakan ini. Katanya kalau neneknya yang buat pake iwa pe' alias ikan pari asap. Lebih enak lagi karena dagingnya tebal serta tulang rawannya juga bisa ikut dimakan.

Menurutku yang bikin masakan ini spesial adalah penggunaan ikan asap dalam kuahnya. Aroma sangit khas asap itu yang bikin menggugah selera. Belum disantap aja sudah kebayang bayang rasanya. Apalagi pas dimakan....eeeeeegh nikmaaat!! potongan cabe ijo dan cabe rawit utuh menyumbang wangi khas dan belimbingnya melengkapi kesegarannya. bakalan jadi resep andalan nih ^^

Kacang Sembunyi



Hari ini aku share resep kacang sembunyi. Resepnya dapat dari mbak yang kerja di rumahku. Senang sekali bulan puasa ini aku dapat asisten buat bantu bantu pekerjaan rumah tangga. Tapi yang lebih senang lagi karena dia punya banyak resep resep unik. Sebelumnya, 5 tahun yang lalu sudah pernah kerja di sini selama satu tahun. Tapi berhenti karena menikah. Dia pula yang mengajarkan aku cara membuat pisang ijo yang enak dan lembut serta soto ayam yang maknyus. Sotonya nanti lain kali aku posting.

Kolak Bola Singkong




Kolak bola singkong. Unik kedengarannya ya. Biasanya yang dibikin kolak kan pisang, potongan ubi/singkong, namun kali ini aku membuat bola singkong terinspirasi dari majalah Sedap Pemula edisi 74. Kalau di resep aslinya pakai kuah gula merah. Aku nyontek cara bikin bola singkongnya aja tapi cairannya aku ganti dengan air pandan suji. Hasilnya enak...cuma sewaktu masih baru mateng dan kuah belum terlalu meresap rasa bola singkongnya agak hambar menurutku. Harus dikasih gula niy adonan singkongnya. Tapi setelah meresap rasanya dah lumayan enak. Suka sama teksturnya yang kenyal kenyal. Kuahnya kuah santan yang terispirasi dari kuah pallubutung.

Bengkang Ubi Kayu (Malaysia)



Alhamdulillah hari ini kita telah memasuki ramadhan...selamat menjalankan puasa ya bagi teman teman sesama muslim. Masak apa hari ini??

Tentu saja menu spesial kan? Selama bulan ramadhan ini kita memang dituntut untuk lebih kreatif mengolah menu sahur dan berbuka puasa. Terutama sih sahur. Anak anak biasanya susah makan banyak di waktu sahur. Kita aja yang orangtua juga kadang begitu. Bayangkan saja kalau bangunnya masih dalam terkantuk kantuk pas duduk di meja makan lihat menu yang nggak menarik...eggggh langsung loyo deh. Jadi memang harus masak menu yang betul betul mereka suka. Bukan berarti harus mewah dan melimpah ruah. 

Tadi malam, aku dan keluarga sahur yang simpel simpel saja. Sop tahu bakso ikan. Menurutku nutrisinya lumayan lengkap ada protein dari ikan dan tahu. Protein, lemak, vitamin, mineral dan serat didapat dari jamur. Serta kandungan lain yang berkhasiat dari bunga sedap malamnya. Berkuah pula sehingga banyak mengandung cairan. Ditambah jeruk nipis, sedikit sambel dan taburan bawang goreng daun bawang dan seledri ....hmmmm nikmatnyaaaa!
Tapi yang aku posting hari ini nggak ada hubungannya dengan sop tahu bakso ikan karena sebelumnya sudah pernah aku posting. Kali ini aku posting kue tradisional dari negeri tetangga.





Postingan kue bingka ini adalah postingan beberapa hari yang lalu tapi baru sempat kuposting hari ini. Lumayan bisa buat ide menu takjil. Rasanya legit dan wangi singkong. Cuma kalau menurutku kurang manis dikit, nggak tau apa aku salah takar gulanya atau gimana. Bila tertarik silahkan berkunjung ke Priuk Tanah dan Jom Masak Jom Makan. 

Related Posts with Thumbnails