Jumat, 11 Desember 2015

Pom Pom Potato



Dulu kalau pagi hari aku sering bingung nyiapin bekal buat anak anak sekolah. Harus pandai membuat variasi menu biar anak-anak ngga' bosan. Tidak melulu harus makan berat seperti nasi sih. Kadang mereka lagi ngga pingin bawa nasi. Maunya yang ringan-ringan aja seperti kue, roti atau kentang goreng. Nah semenjak pandai membuat kaki naga dan nugget, itulah yang sering mereka bawa karena gak pernah bosan. Nah sekarang ada tambahan lagi olahan kentang yaitu pom pom potato. Lebih rich dikit dibanding kentang goreng biasa atau french fries. Karena ada tambahan kejunya. Awal mencoba pertama kali menurutku rasanya kurang spesial. Tambahin lagi kejunya sampai bener bener pas. Eh kok enak jugga ya...padahal resepnya simple. Kentang, keju,susu kental dan tepung roti untuk balurannya. Diberi isian keju lagi dalamnya asli enak. Yang begini ini bukan cocok untuk bekal aja...buat snack sore juga cocok. Kali ini anak anak nyemil sore dengan pom pom potato, kaki naga dan jus sirsak stroberi. Mantaaap...!!

 

Karena di sini susah menemukan kentang tes atau kentang yang kadar airnya rendah akhirnya aku pakai tepung kentang yang aku beli di Mba Diah Didi. Dulu dulu kalau bikin kroket sering kecewa karena pas digoreng meletus atau benyek. Dengan menggunakan tepung kentang ini hasilnya cantik. Mungkin karena kadar airnya bisa disesuaikan sesuai selera kita. Cara menggoreng juga harus diperhatikan. Minyak harus banyak, panas dan menggorengnya ngga boleh terlalu banyak. Kalau sekali masuk penggorengan langsung banyak, minyak yang sudah panas menjadi dingin kembali karena pengaruh suhu kentangnya yang dingin. Akhirnya menggoreng jadi lebih lama, berminyak dan kadang sampai meletus. Waaah kacau deh pokoknya...

Nah resepnya aku lihat dari cook pad kiriman mba Indah Mei. Aku sesuaikan saja dengan bahanku karena punyaku menggunakan tepung kentang. Aku mencoba bikin dua macam tuk variasi. Yang satunya bentuk lonjong ada isian kejunya, aku panir dengan tepung roti halus. Satunya bulat saja tanpa isian dengan baluran tepung panko. Hasilnya untuk rasa lebih enak yang ada tambahan kejunya dong ya...lebih wangi juga karena menggunakan tepung roti halus. Tapi yang bulat tekstur crunchy di bagian luarnya lebih bertahan lama. Dimakan lebih seru karena ada sensasi kriuk kriuknya ^^

Rabu, 02 Desember 2015

Sponge Cake Jeruk (metode pisah telur)


Aku paling suka apapun yang beraroma citrus. Apalagi kalau dibikin kue. Wanginya itu lhoooo...
Kali ini aku sharing sponge cake jeruk dengan teknik pisah telur ya. Asli ini enak banget. Cake dan toppingnya sama sama beraroma jeruk. Teksturnya beneran kayak sponge atau cotton cake. Bedanya kalau cotton cake pori porinya lebih halus dan lembab. Tapi metode pisah telur ini menghasilkan kue yang ringan dan lembut juga. Makan sepotong gak berasa, hihi.

Percobaan pertama bikin kuenya banyak turunnya alias agak mingpes karena aku pake margarin. Percobaan yang kedua aroma jeruknya kurang keluar. Akhirnya yang ketiga kali bikin akhirnya aku dapatkan komposisi yang pas. Baik dari segi tekstur dan aromanya. Pokoknya "jeruk" banget!

Sebenarnya untuk toppingnya bisa saja pakai selai marmalade botolan ya. Tapi karena kebetulan aku ada jeruknya kenapa ngga bikin sendiri marmalade abal abalnya. Daripada beli selai satu botol tapi yang dipakai cuman dikit. Awalnya mau pake jelly rasa jeruk tapi lagi kosong jadi ya pakai jeruk saja. Walaupun jeruk sunkistnya cuman satu tetap cakep hasilnya. Untuk cake sengaja aku gunakan sirup agar rasa jeruknya lebih intense. Kalau air jeruk selain terlalu encer juga aromanya kurang keluar.




Related Posts with Thumbnails