Senin, 12 September 2016

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread


Assalamualaikum.
Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Lama ngga siaran niy...sekalinya muncul lagi lagi dengan resep roti. Roti yang satu ini unik dan enak. Khas asian karena lembut. Roti dengan vla kelapa. Kenapa unik?? karena dalam vlanya mengandung kelapa sangrai yang wangi. Adonan vlanya pun menggunakan santan. Tapi bukan kayak vla santan tradisional kita. Tambahan vanili dan butter membuat vlanya naik tingkat...hehe. Rasanya rich dengan aroma kelapa yang kuat. Endesss...

Untuk roti tetep dong pakai resep andalan water roux bread. Untuk filling dan bentuknya silahkan lihat di blognya "Korena In The Kitchen". Ini resep dipersembahkan untuk Daring Baker lho. Challenge yang pesertanya kece kece seluruh dunia. Vla kelapa resep asli menggunakan kelapa kering yang disangrai. Aku lebih suka menyangrai sendiri kelapaku karena lebih wangi. Kelapa kering siap beli agak kurang aromanya menurutku. Tapi teman teman boleh pake juga kalau malas buat sendiri. Untuk taburan atasnya aku oven kelapa parut dengan api rendah sekali sampai kering bukan cokelat ya. Biar tetep cantik.

Untuk roti kepang pandan bisa dilihat di sini ya udah pernah kubikin sebelumnya.

Okeee berikut resepnya ya...satu resep water roux ini bisa jadi dua atau tiga varian berpulang kepada selera masing masing.


Sabtu, 03 September 2016

Cake Kacang Hijau Kukus Gluten Free


Setelah kemarin membuat cake kukus labu gluten free hari ini coba cake kukus kacang hijau. Bukannya lagi keranjingan yang kukus kukus tapi memang kebetukan masih ada sisa kacang hijau rebus yang siap diolah jadi isian bakpia. Asli kacang hijau kulit ya bukan yang kupas. Harusnya nilai gizinya lebih tinggi hehe. Awalnya bingung karena resep aslinya menngukur dengan kacang hijau mentah 100 gram. Sedang aku ngga tau hasil beratnya setelah direbus. Akhirnya aku pakai 200 gram aja dengan asumsi kalau habis direbus dia mekar mengembang dan menjadi lebih berat ya. Karena takut baunya aneh aku tambahkan sari pandan sedikit. Dan memang lagi mau coba gluten free versi tepung beras + tepung ketan. Kalau yang kemarin kan versi tepung beras + tepung tapioka. Ternyata teksturnya yang ini lebih oke menurutku.

Resep aku lihat di blognya mba Dewi Rosanti "Dapurku Surgaku". Dimodifikasi dikit. Hasilnya lembut, moist, agak padet dan agak kenyal. Mirip sekali dengan tekstur cake pisang. Kalau dimakan ngga ketahuan kalau dari kacang hijau kecuali diberitau. Rasanya unik dan enak. Cuman menurutku agak sedikit kemanisan. Lain kali dikurangin gulanya.

Makasih ya mba Dewi tuk resepnya...



Related Posts with Thumbnails